6  Cara Sederhana Menjaga Kelestarian Lingkungan Hidup Di Rumah

6  Cara Sederhana Menjaga Kelestarian Lingkungan Hidup Di Rumah

Ada berbagai upaya yang bisa di lakukan untuk menjaga lingkungan agar tetap dalam kondisi terbaiknya. Lingkungan mengalami kerusakan secara tidak langsung penyebabnya adalah manusia itu sendiri. Sebagai salah satu upaya mengembalikan lingkungan menjadi lestari tentunya di mulai dari lingkungan sekitar rumah. Berikut ini adalah beberapa cara menjaga kelestarian lingkungan hidup di sekitar rumah yang bisa di terapkan setiap individu dilingkungan tempat tinggalnya.

  1. Menggunakan Air Secukupnya

Air menjadi salah sumber daya alam yang paling penting bagi kehidupan manusia mulai dari untuk minum, memasak, mandi, mencuci, pelarut obat dll Agar kualitas serta pasokan air terjaga, maka gunakanlah air seperlunya jangan buang sambah di sumber air karena akan membuat kualitas air memburuk.

  1. Gunakan Kertas Seperlunya

Kertas yang terbuat dari bahan kayu, dengan tingginya penggunaan kerta maka penebangan pohon akan semakin merajarela yang berakibat gundulnya hutan di lingkungan sekitar. Penggunaan kertas seperlunya membuat penebangan pohon sedikit lebih lambat sehingga proses penanaman baru biar berjalan berbarengan dengan proses penebangan.

  1. Listrik seperlunya

Penggunaan listrik juga seperlunya saja mengingat Indonesia bukanlah negara yang menghasilkan listrik dari energi angin ataupun air tapi lebih kebatu bara. Agar penggunaan listrik lebih hemat gunakanlah lampu berjenis LED, selain murah, hemat juga tahan lama di bandingkan lampu jenis lainya.

  1. Mensortir sampah

Mensortir sampah berdasarkan jenisnya merupakan salah satu solusi menjaga lingkungan sekitar agar tetap lestari. Memisahkan sampak organik, anorganik dan beberapa sampah berupa limbah seperti kaca dan logam membuat sampah tersebut mudah untuk di daur ulang ataupun di hancurkan. Bahkan sampah yang di buang sembarangan seperti bungkus mie instan meski terkubur 10 tahun belum tentu hancur, jadi ada sampah yang bisa di daur ulang ada yang harus di hancurkan dengan cara dibakar atau cara lainnya.

Sampah organik yang berubah sampah yang bisa di buat menjadi kompos bisa di gunakan untuk menyuburkan tanah kembali.

  1. Mengurangi pupuk kimia atau bahan kimia lainya

Mengurangi bahan kimia seperti inteksida, fungisida serta racun rumput dapat membaut lingkungan menjadi lebih sehat serta terjaganya mata rantai dari sebuah ekosistem. Bahkan penggunaan bahan-bahan tersebut dapat beresiko terkena kanker, di thailand rancun rumput sudah mulai di hentikan penggunaannya.

  1. Tidak menggunakan bahan dengan kandungan CFC

CFC atau di sebut dengan klorofluorokarbon merupakan zat yang terdiri dari beberapa senyawa berbahaya seperti karbon, fluorin dan klorin. Biasanya zat tersebut terdapat pada AC, Kulkas dan peralatan yang bersifat pendingin serta pelarut lainya. Penggunaan jangka panjang CFC dapat berakibat pada lubang ozon yang semakin banyak dan membesar.

Demikian usaha sederhana menjaga lingkungan tetap sehat dan lestari di sekitar rumah. Semoga bermanfaat

Lifestyle