Fakta Unik Dari Nama Marga di Korea

Fakta Unik Dari Nama Marga di Korea

Pada artikel hiburan kali ini, kita akan membahas mengenai marga korea. Tentunya setiap orang yang berada di Korea mempunyai marga di namanya. Kepemilikan nama marga yang sama juga sering ditemui. Maka dari itu, tidak heran apabila beberapa nama artis maupun penyanyi yang berasal dari Korea memiliki nama yang mirip.

Marga Korea sendiri tidak dapat muncul begitu saja, akan tetapi berkaitan mengenai sistem kasta yang berasal dari masyarakat di Korea pada zaman dahulu kala. Pada awalnya yaitu sebelum 1000 masehi, Seorang Raja yang bernama Wang Geon dimana masih berkuasa pada zaman dinasti, yaitu dinasti Goryeo menciptakan peraturan yaitu pemberian sebuah marga nama bagi kalangan bangsawan.

Hal tersebut memiliki maksud supaya dapat dengan mudah mengetahui siapa saja yang merupakan keturunan dari raja atau bukan keturunan raja. Nama marga Korea seperti Park, Lee dan juga Kim merupakan nama marga khusus dari kerajaan.

1. Nama Marga Selalu Berada pada bagian depan

Fakta tersebut mungkin sebagian belum ada yang mengetahuinya, apalagi bagi orang yang masih asing pada kebudayaan di Korea. Peletakan nama marga di Korea biasanya selalu berada pada bagian depan nama sebelum nama pemilik marga ( nama panggilannya), yang mana penyebutan pada nama lengkap seorang warga di Korea merupakan nama marganya terlebih dahulu yang selanjutnya diikuti pada nama panggilan seseorang.

Contohnya seperti pada personil girlband yaitu Blackpink yang bernama Jennie dimana memiliki nama marga Kim, maka dari itu untuk penyebutan nama Jennie yaitu Kim Jennie. Akan tetapi, posisi dari nama marga juga akan berubah di belakang nama panggilan dalam mengisi suatu formulir dari catatan sipil internasional, seperti halnya dalam mengisi formulir pada imigrasi dan lainnya.

2. Korea Utara Juga Memiliki Nama Marga

Dari berbagai macam nama marga yang ada di Korea, beberapa juga dimiliki dari para warga di Korea Utara. Maka dari itu, yang memiliki nama marga bukan hanya berasal dari Korea Selatan akan tetapi ada juga di Korea Utara. Akan tetapi, nama marga yang berada di Korea Utara terdengar cukup asing, contohnya seperti Ryeom, Rim, Ryuk, Ri dan banyak lagi.

3. Wanita Tidak Dapat Mengganti Marga Seperti Suaminya

Di Korea sendiri, nama marga biasanya diberikan kepada anak yang mana mengikuti nama marga yang dimiliki dari ayahnya, sedangkan untuk istrinya masih menggunakan nama marga yang dimilikinya sendiri dimana berasal dari keluarga sang istri sesuai dengan marga nama ayahnya. Maka dari itu seorang wanita tidak dapat menggantikan nama marganya walaupun sudah berumah tangga.

Hal tersebut juga sedikit unik apabila dibandingkan oleh kebudayaan yang ada di Indonesia serta negara-negara yang ada di barat yang mana biasanya memanggil seorang istri dengan menggunakan nama belakang dari sang suaminya.

4. Kepemilikan Nama Marga Sama Pernah Juga Dilarang Untuk Menikah

Pada sekian banyak marga yang memiliki kesamaan pada beberapa masyarakat di Korea dimana membuat pemerintah setempat mengumumkan larangan untuk menikah apabila memiliki kesamaan pada nama marga di tahun 1997.

Akan tetapi, di Tahun 2005, pemerintah setempat telah menghapus peraturan tersebut dan juga pasangan yang memiliki nama marga sama dapat menikah dengan syarat berasal dari daerah berbeda serta tidak mempunyai hubungan seperti kekerabatan dekat.

5. Nama Marga Untuk Nama Panggung Dari Seorang Artis

Bagi seorang pekerja pada sebuah industri hiburan misalnya aktris, aktor, pelawak maupun penyanyi biasanya mempunyai nama panggung, nama tersebut biasanya bukan nama asli mereka, dan juga seringkali nama marganya akan diubah. Contohnya seperti aktris yang memiliki nama panggung seperti Min Hyo Rin, dimana nama aslinya yaitu Jung Eun Ran yang nama marganya adalah Jung.

Itulah beberapa fakta unik mengenai marga korea yang telah dijabarkan pada artikel hiburan kali ini, yang mana mungkin menjadi daya tarik untuk sebagian orang.

Others